Saturday, March 4, 2017

Salah satu penyebab hati tidak tenang

Sahabat"......
Salah satu penyebab hati tidak bisa merasa tenang adalah, Merasa rendah diri hanya karena hal keduniawian yang ada pada dirinya dibandingkan yang dimiliki oleh manusia lainnya.
Hati tidak tenang karena seseorang merasa rendah diri pada unsur keduniaan terhadap manusia lain.


Sahabat".....
Setiap hari, bahkan setiap saat disetiap helaan nafas dan detak jantung kita, ALLAH Azza wa Jalla selalu melimpahkan nikmatNYA pada kita, akan tetapi seringkali kita seolah-olah tidak ingat bahkan terkesan melupakan nikmat-nikmat yang telah dilimpahkan kepada kita.
Kadangkala, hanya karena munculnya jerawat yang mampir diwajah saja bisa membuat seseorang begitu panik, jengkel dan mengeluhkan adanya jerawat tersebut karena merasa malu, malu karena jerawat tersebut telah mengurangi ketampanan / kecantikannya. Hanya karena masalah jerawat, ketenangan pada dirinya jadi sirna. Hanya karena jerawat dia jadi lebih sering mengeluh dan membanding-bandingkan rupa wajah seseorang yang sebelumnya dia rasa masihlah jauh dibawah kecantikan / ketampanannya sebelum wajahnya disinggahi jerawat.
hmm..... hanya gara-gara jerawat, hati dan pikiran jadi tidak tenang hingga lalai akan urusan lainnya yang lebih penting daripada hanya permasalahan jerawat.
Ada juga yang malu dan minder karena hidup dalam kemiskinan, deraan hidup dalam kondisi serba kekurangan membuatnya jadi sering membandingkan keadaan didirnya dengan yang lainnya, membuatnya terkadang mengeluh karena pekerjaan yang dilakukannya lebih berat daripada oranglain tapi hidupnya tetap saja serba kekurangan, himpitan kemiskinan yang bukan hanya membuat hati dan pikirannya menjadi tidak bisa tenang  tapi juga membuatnya lupa dan lalai bahkan mengabaikan kewajiban serta tanggung jawabnya sebagai manusia.
Masih banyak lagi pemasalahan duniawi ini yang terkadang hanyalah hal sepele yang kita besar-besarkan hanya karena kita yang telah membanding-bandingkannya dengan apa yang ada atau dihadapi orang lain, yang seringkali membuat kita lalai bahkan cenderung melupakan/meninggalkan tugas serta kewajiban kita yang sesungguhnya.
Kutu dikejauhan nampak jelas tapi gajah didepan pelupuk mata tak kelihatan,
Rumput dipekarangan tetangga lebih hijau daripada rumput dipekarangan sendiri, padahal bisa saja rumput dipekarangan kita asli rumput sedang rumput dipekarangan tetangga hanyalah rumput tiruan yang terbuat dari plastik saja

itu kata pepatah,  (padahal bisa saja rumput dipekarangan kita asli rumput sedang rumput dipekarangan tetangga hanyalah rumput tiruan yang terbuat dari plastik saja.)
makna dari kedua pepatah diatas inilah yang dimiliki oleh kebanyak dari kita, manusia.

Sahabat"......
Jangan pernah membanding-bandingkan apa yang kita miliki didunia ini dengan yang dimiliki oleh oranglain !
Jangan pernah merasa / menganggap permasalahan yang kita hadapi lebih berat dari permasalahan yang dihadapi oleh oranglain !
Setiap makhluk yang hidup dialam ini punya masalah, walau berbeda bentuk permasalahan dan caranya dalam menghadapi  permasalahan yang dihadapinya.
Ada hikmah dibalik semua kisah dan masalah yang ada, jalani, hadapi dan tetap sadari jangan sampai diri lalai ataupum lupa mensyukuri nikmat yang ada dengan selalu mengingat Sang Penguasa dan Pemilik Kehidupan atas setiap makhluk.

Sahabat".....
Ketenangan Diri adalah kebahagiaan,
jika kita terus membanding-bandingkan apa yang ada pada diri kita dengan yang lainnya, bagaimana kita bisa merasakan ketenangan?
Jika kita terus saja malu dan rendah diri dengan keadaan kita dibandingkan yang lainnya, bagaimana kita akan merasa bahagia?
Terima apa yang ada pada diri kita, perbaiki keadaan, terima kekurangan yang ada, syukuri limpahan nikmat yang telah kita terima, jangan pernah membandingkan diri dengan yang lainnya, ya sahabat".....


Sahabat"......
Cobalah hirup nafas panjang dan hembuskan perlahan-lahan,
Berdo'alah agar ALLAH Subhanahu wa ta'ala memberi kita kekuatan agar senantiasa bisa mensyukuri apa yang ada dan memberi kemudahan serta jalan keluar dari segala permasalahan yang kita hadapi.
Berdo'alah semoga ALLAH Subhanahu wa ta'ala melimpahan ketabahan dan kesabaran dalam hidup serta meridhoi segala usaha kita dalam memperbaiki diri.
Berdo'alah semoga ALLAH senantiasa melimpahkan Rahmat HidayahNYA pada kita sehingga kita tiada pernah lalai dalam ibadah dan selalu berbuat baik dalam hidup ini.
Berdo'a dan berusahalah Sahabat".....
Usah lagi merasa rendah diri
Jangan lagi selalu berkeluh kesah
Tetaplah Sabar, Istiqomah, Optimis dan berSemangat dalam menjalani kehidupan ini dengan selalu berusaha berbuat baik dan selalu menebar kebaikan, hiasilah hari-hari yang kita jalani dengan senyuman bukan dengan raut kecut masam pertanda tiada rasa tenang dihati dan pikiran.

Semangaaaaaaaattt
Share:

0 comments:

Post a Comment

Translate

Powered By Blogger

VIEW

Blog Archive